Minggu, 19 November 2017

E-commerce Tokopedia

I.PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi ternyata berdampak luas terhadap berbagai aspek. Tidak terkecuali perkembangan dunia bisnis dan pemasaran. Internet sudah menjadi salah satu sarana utama bagi para pemasar dalam upaya mempromosikan produk mereka. Dikarenakan fenomena pengguna internet sangat berkembang pesat dan telah menjadi gaya hidup masyarakat sekarang ini. Hal tersebut tentu memunculkan ide para pebisnis untuk menjadikan pengguna internet menjadi sasaran potensial untuk menjual atau mempromosikan produknya secara online. Salah satu sistem internet yang berkembang pesat adalah sistem penjualan secara elektronik (e-commerce) yang sangat populer dikalangan penggunanya. Melalui sistem ini para pemasar berusaha merangsang para pengguna internet agar tertarik membeli produk mereka. Pemasar harus mampu mempengaruhi para konsumen agar memilih produk mereka mengingat banyaknya pesaing yang juga menjalankan bisnis yang sama. Menurut Peter (2005:162), mengemukakan keputusan pembelian adalah proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya. 2 Berdasarkan teori diatas, maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian adalah suatu keputusan seseorang untuk memilih antara satu jenis produk dengan produk lain yang sejenis. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk, diantaranya adalah faktor harga. Harga merupakan salah satu unsur bauran pemasaran yang paling mudah untuk disesuaikan. Faktor harga sangat mempengaruhi keberhasilan dan kemajuan suatu usaha bisnis. Bagi konsumen, harga merupakan salah satu bahan pertimbangan yang penting untuk membeli produk atau jasa pada suatu perusahaan, karena harga suatu produk atau jasa mempengaruhi persepsi konsumen mengenai produk tersebut. Menurut Kotler dan Armstrong (2008:345) harga adalah sejumlah uang yang ditagihkan atas suatu produk dan jasa atau jumlah dari nilai yang ditukarkan para pelanggan untuk memperoleh manfaat dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa. Jadi berdasarkan teori tersebut dapat disampaikan bahwa harga adalah suatu nilai yang ditetapkan demi mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan. Faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah Kelengkapan Produk. Menurut Engels (2007:258) “kelengkapan produk merupakan hal yang menyangkut kedalaman, luas dan kualitas produk yang ditawarkan juga ketersediaan produk tersebut setiap saat di toko”. Ketersediaan menjadi faktor penting dalam variabel kelengkapan produk. Konsumen cenderung akan kehilangan kepercayaan ketika suatu tempat perbelanjaan mengalami kekosongan persediaan atas produk yang diinginkan oleh konsumen.
Tokopedia.com merupakan salah satu e-commerce terkemuka di indonesia. Tokopedia.com didirikan pada tanggal 17 Agustus 2009 dengan visi membangun indonesia lebih baik melalui internet. Tujuan didirikannya Tokopedia.com adalah sebagai sarana pemasar untuk memasarkan atau mempromosikan produk mereka di media online. Namun Tokopedia.com harus siap bersaing dengan kompetitor berat mereka semisal Lazada.com, Kaskus, BukaLapak, dan lain sebagainya yang juga berjalan di bisnis yang sama. Oleh karena itu pihak Tokopedia perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat menjadi daya tarik para pengguna internet agar tertarik mengunjungi situs Tokopedia.com. Salah satu faktor yang menjadi daya tarik bagi konsumen adalah harga yang kompetitif. Perbandingan harga yang disesuaikan dengan manfaat yang diperoleh konsumen dapat menjadi senjata ampuh bagi pihak Tokopedia.com untuk bersaing memenangkan hati para konsumen.









II. ISI
Tokopedia adalah situs lokal yang menyediakan ruang bagi para anggotanya untuk melakukan jual beli secara online. Tokopedia menerapkan etalase, transaksi jual beli dan pembayaran secara digital. PT. Tokopedia didirikan pada tanggal 6 February 2009, lalu meluncurkan produknya tokopedia.com pada tanggal 17 Agustus 2009 yang dipelopori Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya. Pada awal tahun 2009 Tokopedia mendapatkan seed funding dari PT. Indonusa Dwitama untuk launching tokopedia.com pada Agustus 2009. (blog.tokopedia.com,2012) Tokopedia.com memiliki jumlah 44.785 anggota (per 16 Agustus 2010). Sebanyak 4.659 diantaranya aktif melakukan jual beli di tokopedia.com. Tokopedia.com mencatat 500 juta pengunjung dan tiga juta page views perbulannya.
TOKOPEDIA .COM merupakan sebuah toko online yang dimiliki oleh Indonesia.TokoPedia.com menjual berbagai macam barang elektronik,peralatan Kantor dan RumahTangga,peralatan olahraga,kosmetik,perlengkapan bayi,dll.Tokopedia dilengkapi dengan mesin pencari yang akan memudahkan pencarian barang yang diinginkan terdapat juga fitur direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai catalog belanja.TokoPedia bekerjasama dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah untuk memeriksa status pengiriman barang.
Alur kerja toko online Toko Pedia:
· Proses untuk menjual barang di Toko Pedia ,yaitu:
1. Membangun Toko Online terlebih dahulu di TokoPedia.dan menata etalase
2. Mengupload produk
3. Menunggu datangnya orderan baru,orderan baru ditandakan adanya alert di To Do List di panel sebelah kiri tokopedia anda.Tokopedia mengirimkan email kepada penjual,jika ada orderan yang masuk.
4. Untuk setiap orderan yang baru,penjual harus menentukan apakah akan menerima orderan atau menolak.apabila penjual menolak orderan atau tidak memberikan respon maksimal waktu 3 hari,maka orderan akan otomatis dibatalkan.
· Proses untuk berbelanja di TokoPedia,yaitu:
1. Cari barang yang diinginkan
2. Klik menu add to chart yang ada di sisi kanan layar produk,kemudian isi formulir pembelian,setelah itu klik tombol tambah.Jika ingin melihat isi keranjang belanjaan,klik tombol view chart.
3. Setelah selesai berbelanja,masuk ke proses checkout untuk konfirmasi belanjaan.
4. Setelah proses checkout,pembeli akan menerima invoice melalui email yang berisi nomor rekening dan nominal yang harus di transfer,kemudian pembeli melakukan pembayaran.
5. Setelah pembayaran,pembeli wajib melakukan konfirmasi pembayaran.Caranya :Klik menu Konfirmasi pembayaran di panel To Do di sebelah kiri layar Log in.Masuk ke menu profil->transaksi->konfirmasi pembayaran.
6. Menunggu Konfirmasi dari penjual,penjual akan diberi waktu 3 hari untuk memproses orderan barang,apabila penjual menolak orderan,maka dana yang sudah dibalikkan ke saldo deposito pembeli.
7. Konfirmasi Penerimaan barang,setelah barang sampai pembeli diberikan waktu hingga 3 hari untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang,apabila pembeli tidak melakukan konfirmasi maka transaksi dianggap selesai.
· Cara untuk menjadi member di TokoPedia,yaitu: Setelah masuk ke Home TokoPedia ,klik menu register,kemudian lengkapi kolom biodata dan informasi Login,kemudian lakukan autentifikasi,lalu klik tombol Join TokoPedia.

Kelebihan dari TokoPedia,yaitu:
a) TokoPedia menjual bermacam-macam barang .
b) Transaksi pembayaran lebih cepat.
c) Barang yang dijual masih dalam kondisi yang baik dan terjamin.
d) Setiap barang yang kita terima setelah dibeli,sesuai dengan gambar barang yang ada di TokoPedia.
e) Katalog belanja telah dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.
f) Dapat membuka toko online pribadi yang gratis.
Kelemahan dari TokoPedia,yaitu:
a) Spesifikasi setiap barang tidak disebutkan.
Misalnya:Bahan dari setiap barang tidak menampilkan detail produknya.
b) TokoPedia tidak menyebutkan nomor HP yang bias dihubungi untuk konfirmasi setelah melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman.
c) Harus terhubung ke koneksi internet.








III. PENUTUP
·        Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa bisnis online yaitu Tokopedia ini merupakan bisnis yang paling aman serta mempunyai banyak kemudahan dalam pelayanan serta fiturnya yang bermacam manfaat dan mudah dapat diakses dan dalam setiap bisnis pasti memiliki pesaing, begitu juga dengan bisnis online. Adanya pesaing merupakan pacuan agar suatu bisnis bisa berkompetisi untuk menunjukan kelebihannya, baik dari segi jasa atau produk yang ditawarkan, harga, pelayanan, ketersediaan website dan fitur-fitur yang bisa diakses, serta keamanan yang menjamin saat berbelanja dan berinteraksi. Adanya aksi untuk bisa meminimalisasi kelemahan serta menghindari ancaman dalam berbisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menembus pasar.
·        Saran
Adapun saran yang dapat kami berikan yang diharapkan berguna dimasa yang akan datang adalah sebagai berikut :
a.       Agar selalu di percaya oleh pelanggan ataupun calon pembeli maka hendaknya pihak/pemilik toko online ini selalu cepat dan tepat dalam memberikan informasi dan layanan yang diberikan.
b.      Selain itu, sebaiknya produk yang di dapat oleh para konsumen sama dengan apa yang mereka lihat di website.
c.       Selalu memperbanyak event dan promo sehingga para pelanggan tertarik untuk membeli.
           



IV. REFERENSI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar